Sunday, March 19, 2017

Pemandian Air Panas Cangar - Airnya Hangat Banget Coy!

pemandian air panas cangar
Pemandian Air Panas Cangar
lo tau gak cangar?. gak tau cangar?, ah lu kalo ngetrip kemana aja si sob. kalo yang rumahnya di Jawa Barat atau Jawa Tengah sih maklum kalo gak tau soalnya ini tempat ada di Jawa Timur cuy. Hari ini gue mau share pengalaman gue ngetrip ke cangar bareng teman-teman gue pastinya. dan yang pasti ini adalah trip dadakan lagi bareng teman-teman gue! hahaha...

Seperti biasa, gue dan teman-teman gue gak mau sia-siain waktu ini, waktu dimana guru lagi pada sibuk ngurusin UASBN kelas 12, jadi jarang banget ada pelajaran dikelas, sebenarnya gue gak mau ikut karena nanti bisa keterusan bolos, karena selama sekolah ini gue gak pernah bolos sama sekali cuman dikelas 11 SMA semester 2 ini gue mulai keterusan. jadi gue berkomitmen ini adalah yang terakhir kalinya gue bolos cuman demi ngetrip.

Kebanyakan cincong juga gue, lanjut aja..

gue berangkat sama teman-teman jam 7 pagi, dengan total 13 orang . Anak kelas IPSnya emang kompak banget ya kalo diajakin bolos wkwkwk. start mulai dari Kota Surabaya dengan tujuan Pemandian Air Panas Cangar. Dari Surabaya kita akan lewat jalur Mojokerto,  pastinya gue bawa motor matic kesayangan gue! hahaha.

Masih didaerah perkotaan lebih tepatnya di Mojoketo, disini banyak banget kendaraan besar yang melaju kencang tetapi motor matic gue gak kalah kencang dengan para barisan mobil truck.

Panas dan gerah yang gue rasakan waktu gue berhenti disamping truck, ditambah dengan jalanan yang tidak rata! Duaakkk! Anjeeng motor gue! lama-lama copot semua mesin motor gue kalo kayak gini -_-

Perut gue udah mulai laper karena gue belom makan dari pagi dan sialnya gue juga gak bawa bekal dari rumah. hadeehhh udah badan tulang doang malah gak sarapan, jadi tengkorak hidup lama-lama kalo kayak gini, bangkeee!


Udah masuk desa
Di sini gue udah mulai masuk kawasan desa, banyak pepohonan rindang disekitar gue yang membuat udara disekitar jadi terasa segar tanpa polusi. Sebelum pergi naik ke kawasan gunung, kita berhenti di Indomaret untuk  beristirahat. waktu kita berhenti gue seneng banget rasanya cuy!

akhirnya bisa beli nasi bungkus disebelah Indomaret, dan setelah clingak-clinguk di depan warkop. ternyata gak ada nasi bungkus! dan berakhirlah gue dengan Roti Sari Roti dari Indomaret. huehuehue. Kenyang kagak, Lapar iya -_-.

Setelah selesai istirahat kita langsung berangkat lagi dan kali ini kita udah memasuki daerah kaki gunung, dimana jalannya naik turun sampai ada belokan yang tajam banget, disini udaranya udah mulai kerasa dingin meski gue pakai 2 baju dan 1 jaket.

"Awas ada monyet g*blok!"

Gue takut banget sama yang namanya monyet, bukannya kenapa, yang jelas ngeri aja kalo digigit, ya kali kalo monyetnya bersih, kalo monyetnya rabies gimana? gue gigit semua lo! wkwkwk.

Disini banyak monyet karena udah masuk kawasan hutan jadi gue gak kaget kalo banyak monyet didaerah sini,

Seperti biasa gue berhenti lagi diperjalanan, cuman buat sekedar foto-foto sama teman gue. Yang belom tau spot foto terbaik dicangar gue kasih tau nih tempatnya.

Emang dimana tempatnya?. Tempatnya deket daerah cangar lebih tepatnya arah ke surabaya kalo lo dari arah cangar.


Pegunungannya indah banget sob!
Narsis dulu coy! wkwkwk
"lo yang mana cup?"
Cari aja yang paling tamvan dan berani! nah itu gue hahaha...

Sungguh indah memang ciptaanmu ini Tuhan, gue bersyukur banget karena menurut gue, gue ini salah satu orang yang beruntung karena bisa menikmati alam ciptaanmu yang indah ini. sejauh mata memandang cuman ada warna hijau dan biru. bikin mata gue merem melek aja.

Pemandian Cangar!

Kolam renang
Sampai juga di pemandian air panas cangar. waktu gue datang sepi banget mungkin karena hari sekolah jadi gak rame. 

nah gue juga udah buat rincian harganya sebagai berikut :
Tiket Masuk : Rp10.500,-/orang
Tiket kolam Renang : Rp5000,-/orang
Parkir Sepeda Motor : Rp3000,-
Parkir Mobil : Rp5000,-

Cangar sendiri merupakan sebuah nama sebuah dusun sekaligus pemandian air panas yang terletak di kelurahan Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Air panas di pemandian Cangar ini berasal dari sumber mata air gunung welirang. jadi air disini itu masih bersih dan segar sob...

Disini juga ada 3 jenis kolam

1. Kolam Renang
pemandian air panas cangar
Kolam Renang di pemandian air panas cangar


Yang pertama kolam renang, buat masuk kekolam renangnya kita harus bayar lagi cuman sebesar Rp5000,-. 

dikolam renang ini airnya hangat, namanya juga pemandaian air panas bangkee!

eitss jangan salah, hangat itu maksud gue hangatnya biasa aja, gak sehangat kolam anak-anak dan kolam berendam. dikolam renang ini kebanyakan anak muda doang, soalnya selagi buat menikmati air hangat disini kita juga bisa berenang.

waktu gue kesini pas banget lagi sepi karena hari sekolah, jadi kolamnya serasa milik sendiri hahaha...

2. Kolam Anak-Anak
pemandian air panas cangar
nih penampakan buat kolam anak-anaknya
Di kolam ini cetek banget coy, namanya juga buat anak-anak njeeng!

Tapi jangan salah dikolam ini airnya lebih panas dari Kolam renang, buat berendam disini kita gak usah bayar lagi kayak di kolam renangnya, 

Pertama kali gue masuk ke kolam ini rasanya panas banget gak nahan!, itu gue sampai kerasa kayak kebakar, sumpah! hahaha. tapi lama-lama tubuh kita nanti udah bisa menyesuaikan lah sama suhu airnya. berendam disini bisa bikin tubuh rileks banget cuy soalnya airnya lumanyan panas, enak banget dah pokoknya!

3. Kolam Berendam

Kebanyakan orang tua kalo yang dikolam ini
Kolam berendam ini sama kayak dikolam anak-anak yang buat masuknya gak usah bayar lagi, gue belom sempat coba kolam berendam ini karena waktu itu gw udah mau pulang. yang ada dikolam berendam ini kebanyakan dari kalangan orang tua.

Tapi kalo dikolam ini kayaknya lebih panas lagi dari kolam-anak-anak deh, "kenapa begitu cup?"

Airnya keluar asapnya anjerrr! kayak rebusan air mendidih aja udah ada uapnya hahaha. bisa-bisa jadi manusia rebus gue nanti wkwkw.

Tape Ketan Hitam, Jozzz!

Tape Ketan Hitam maknyuss
kata orang sana sih makanan yang enak sehabis mandi dicangar itu tape ketan hitam ini. gue sih juga setuju karena setelah mandi dicangar badan ini rasanya capek banget, mata yang tadinya dibuat merem melek oleh pemandangan yang indah kini jadi pingin merem terus sob. 

karena itu, biar badan gak pegel sama gak ngantuk coba makan tape ketan hitam ini sob, hangatnya tape ketan hitam ini bisa buat badan jadi segar lagi, dan rasanya itu beda dari tape ketan hitam kota-kota lainnya. Sangat khas dan memiliki rasa manis dan hangat, cocok banget kalau dimakan saat di area yang dingin seperti kawasan cangar ini. makanan ini pun bisa tahan hingga lebih dari 2 hari sehingga bisa juga di bawa sebagai oleh oleh.


sayangnya teman gue lebih milih bakso dibawah daripada tape ketan hitam disini, jadinya gue gak bisa nyicip nih tape ketan hitam, ah sial.

Tips Agar Cangar Serasa Milik Sendiri

nah gue punya tips nih buat kalian yang mau menjadikan cangar ini sebagai kolam milik sendiri hahaha. 

caranya gampang banget, cukup berangkat aja pada hari biasa alias hari sekolah senin-jumat. gue kesini waktu hari kamis alhasil, sepi banget kolamnya! wkwkwk. Cuman ada beberapa orang aja, jadi serasa milik sendiri ini pemandian hahaha...

mantep kan ide gue? mantap palalu, lu ngajakin bolos atau apa gblk!


Sungguh indah sekali ciptaanmu ini

"Tak perlu mencemaskan lelahmu hari ini, cukup lakukanlah yang terbaik untuk hari ini"

gue pulang dari cangar sekitar jam 1 siang. Waktu diperjalanan pulang gue kehujanan dari Mojokerto sampai Surabaya!, tepatnya Surabaya barat. 

"Surabaya kota gimana?" surabaya kota masih kering! Mampuss! 

bakal ditanyain nih sama orang tua gue nanti, dirumah gak hujan kok kamu kehujanan. eh waktu pulang gak ada siapa-siapa, alhamdulillah wkwkwk.

trip kali ini lumayan cepat juga, gue sampai rumah jam 4 sore, alhamdulillah selama perjalanan tidak terjadi apa-apa. ya begitulah hasil trip hari kamis ini.

oh iya buat lo yang pingin kesini hati-hati juga karena jalanannya terjal banget!

tunggu cerita gue lagi ya sob!

16 comments:

  1. Keren gan,, kapan2 ane ajakin dong,, ane kurang piknik nh gan,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas niko, nanti saya ajak ke raja ampat!

      Delete
  2. Replies
    1. selamat datang di blog saya :D semoga bisa jadi inspirasi ya kak mila 😂

      Delete
  3. apa agan gapernah mikir tujuan lanjut usia kesana untuk terapi kulit agar sembuh dari keriput atau penyakit kulit lainnya XD ntar ketularan keriput lho wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lanjut usia niatnya mau travelling ke eropa aja daripada ke cangar wkwkwk

      Delete
  4. Sebenernya panas ato anget gan. Keknya bagus bngt panoramanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang hangat ada yg panas, tapi panas itu maksudnya ya lebih dari hangat gitu, kalo panas ya bisa jadi mie rebus nanti hahaha

      Delete
  5. Sebenernya panas ato anget gan. Keknya bagus bngt panoramanya

    ReplyDelete
  6. murah juga bang, itu ketannya bikin ngiler dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, kayaknya enak sih emang, sayang belom nyicipin waktu maen kesitu

      Delete
  7. Mantaf bang ane jadi pengen piknik dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurangin tidur, banyakin piknik bang, berkah nanti hidup abang wkwkwk

      Delete
  8. Wow... Enak banget tuh suasananya. Jadi pengen kesana... Kapan yaa??

    ReplyDelete